PREDIKSI SOAL
UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN IPA
TAHUN 2012/2013
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dansatuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Disajikan gambar pengukuran suhu dengan dua thermometer berbeda, peserta didik dapat menghitung suhu pada salah satu thermometer jika skala suhu lainnya diketahui
1.
Perhatikan tabel berikut!
Apabila termometer X menunjukkan
30oX, maka jika diukur dengan termometer Y menujukkan ….
A.
20o Y
B.
60o Y
C.
70o Y
D.
80o Y
Kunci : C
Pembahasan :
X : Y = 40 : (90-10)
= 1 : 2 (+10)
30°X = …°Y
Y = ( 2 x 30°) + 10°Y
= 70°Y
Indikator SKL :
Menentukan besaran
pokok, besaran turunan dansatuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator Soal :
Disajikan gambar beberapa pipa U
yang besar dan bentuknya sama diisi dengan zat cair yang berbeda, peserta didik
mampu menentukan massa jenis terkecil sampai terbesar
2.
Seorang
siswa melakukan percobaan dengan menggunakan empat buah pipa U yang memiliki
spesifikasi sama. Kemudian keempatnya diisi dengan zat cair tampak seperti
gambar berikut!
Urutan zat cair yang memiliki massa jenis yang terkecil ke yang terbesar
adalah ...
A.
(1),
(2), (3) dan (4)
B.
(4),
(3), (2) dan (1)
C.
(2),
(1), (3) dan (4)
D.
(4), (3), (1) dan (2)
Kunci : D
Pembahasan :
Pada keempat bejana tersebut mula-mula diisi air, kemudian diisi empat
jenis zat cair yang berbeda tetapi ketinggian air dalam bejana dijaga sama
tinggi, maka zat cair yang memiliki massa jenis terbesar adalah yang paling
sedikit.
Indikator SKL :
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta didik
dapat memberikan contoh masalah pemuaian yang terjadi di sekitar kehidupan
sehari- hari, dan memberikan alasannya
3.
Seorang
siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan berikut!
Bola dan lingkaran cincin (gambar I) terbuat dari bahan besi mempunyai suhu
sama. Bila bola dipanaskan, kemudian diletakkan kembali pada lingkaran cincin
(gambar II), maka peristiwa yang terjadi adalah ....
Terhadap
lingkaran cincin
|
Alasan
|
|
A.
|
Bola tidak masuk
|
Lingkaran cincin menyusut
|
B.
|
Bola tidak masuk
|
Bola memuai
|
C.
|
Bola masuk
|
Lingkaran cincin memuai
|
D.
|
Bola masuk
|
Bola menyusut
|
Kunci : B
Pembahasan :
Sebelum bola besi dipanaskan, bola bisa masuk ke dalam cincin besi. Setelah
dipanaskan bola besi memuai (bertambah besar), sedangkan cincin besi tetap
(tidak memuai karena tidak dipanaskan) maka bola besi bisa masuk ke dalam
cincin besi.
Indikator SKL :
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau
penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta didik
dapat menentukan jumlah kalor yang diperlukan oleh benda pada proses tertentu
jika parameter lain diketahui akhir setelah
benda menerima kalor jika kalor
jenis dan massa benda diketahui
4.
Sebuah
percobaan untuk mengetahui sejumlah
kalor (Q) yang diserap 0.5 kg minyak goreng. Hasil percobaan kalor jenis
minyak goreng ditunjukkan pada grafik berikut!
Kalor jenis minyak goreng
tersebut adalah….
A.
1.500 J/kg0C
B.
2.400 J/kg0C
C.
2.800 J/kg0C
D.
2.850
J/kg0C
Kunci : A
Pembahasan :
Diketahui: Δt = 500C
– 260C = 240C
Q
= 28.800 joule
Q
= m x c x 240C
28.800
joule = 0,5 kg x c x 240C
C = 28.800 joule = 2.400 J/kg0C
0,5 kg x 240C
Indikator SKL :
Menentukan jenis
gerak lurus atau penerapan hokum Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta didik
dapat memberikan contoh penerapan hukum I Newton, II atau hukum III Newton
5.
Perhatikan
pernyataan berikut!
1.
Para
penumpang yang sedang berdiri jatuh ke depan ketika bus direm mendadak
2.
Ketika
kamu membonceng motor, sesaat motor akan berjalan seolah-olah kamu terdorong
kebelakang
3.
Tendangan
bola pemuda berumur 17 tahun lebih kencang dari tendangan bola anak berumur 5
tahun
4.
Kamu
akan jatuh jika berdiri dengan satu kaki dengan posisi badan miring
Penerapan konsep
hukum I Newton ditunjukkan pernyataan nomor . . . .
A.
1 dan 2
B.
1 dan
3
C.
2 dan
3
D.
2 dan
4
Kunci : A
Pembahasan :
Hukum I Newton menyatakan:
v Benda yang mula-mula diam akan diam
selamanya, jika ada gaya yang bekerja padanya.
v Benda yang mula-mula bergerak akan
bergerak selamanya, jika ada gaya yang bekerja padanya.
Dari dua pernyataan tentang hukum I Newton tersebut dapat dikatakan bahwa
benda akan tetap mempertahankan keadaan semula, sehingga hukum I Newton dikenal
juga hukum kelembaman atau hukum inersia.
Contoh:
v Orang berdiri di dalam bus yang bergerak
akan jatuh ke depan jika bus direm tiba-tiba
v Orang berdiri di dalam bus yang berhenti
(diam) akan jatuh ke belakang, jika bus direm tiba-tiba
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energy pada kondisi
tertentu.
Indikator Soal :
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menentukan energi potensial gravitasi jika massa
dan ketinggian benda diketahui
6.
Perhatikan
gambar berikut!
Apabila percepatan gravitasi bumi 9,8 m/s2, maka
energi potensial yang dialami buah yang massanya 2 kg tersebut jatuh ke tanah
adalah….
A.
16,0 joule
B.
19,8 joule
C.
78,4 joule
D.
156,8 joule
Kunci : D
Pembahasan :
Ep = m x g x h
= 2 kg x 9,8
m/s2 x 8m
=
156,8 joule
Indikator SKL :
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menentukan gaya paling besar atau paling kecil
untuk menahan benda yang berada pada bid. Miring.
7.
Perhatikan gambar!
F F F F
F
Gambar 1 Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4
Empat siswa 1,2,3, dan melakukan percobaan ingin membuktikan manakah
gaya yang lebih
besar untuk menahan supaya benda tidak meluncur ke bawah. Siswa 1,2,3 dan 4
menyimpulkan bahwa gaya
yang digunakan untuk menahan beban agar tidak meluncur ke bawah adalah sebagai
berikut: gaya
pada ….
1.
gambar 1 lebih besar dibandingkan gambar 2
2.
gambar 2 lebih besar dibandingkan gambar 1
3.
gambar 3 lebih besar dibandingkan gambar 4
4.
gambar 4 sama besar dibandingkan gambar 3
Apabila empat benda tersebut memiliki bentuk dan massa yang
sama, maka kesimpulan siswa manakah yang benar?
A.
Siswa 1 dan 2
B.
Siswa 2 dan 3
C.
Siswa 3 dan 4
D.
Siswa 4 dan 1
Kunci : D
Pembahasan :
1.
Pada gambar I dan II memiliki ketinggian dan
berat beban sama besar, tetapi kemiringan berbeda maka: Gambar I memiliki
kemiringan lebih tinggi daripada gamabar II, maka gaya yang diperlukan untuk menahan supaya
benda tidak merosot ke bawah lebih besar daripada pada gambar II.
2.
Pada gambar III dan IV memiliki kemiringan dan
berat beban sama besar, tetapi berbeda
letak ketinggian benda: Gambar IV, meskipun letak beban lebih tinggi daripada
gamabar III, tetapi gaya
yang diperlukan untuk menahan supaya benda tidak merosot ke bawah adalah sama
besar dengan pada gambar III.
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
Indikator Soal :
Peserta didik
dapat menentukan gaya ke atas jika benda berada dalam zat cair jika besaran
lain diketahui
8.
Perhatikan gambar!
Apabila ρ = 1g/cm3, g= 10 m/s2, Vbenda = 60cm3 dan volum benda tercelup 1/3 bag, berapa gaya ke atas
yang dialami?
A.
1.0 N
B.
0,6 N
C.
0,2 N
D.
0,02 N
Kunci : C
Pembahasan :
Fa = ρ zat
cair x g x Vbenda celup
Fa = 1.000kg/m3
x 10m/s2 x 1/3 x 60m3
1.000.000
= 0,2 kg m/s2 =0,2 N
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Indikator Soal :
Disajikan
gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta didik dapat
menentukan frekuensi dan amplitudo atau period dan amplitudo.
9.
Suatu
beban digantungkan pada pegas seperti pada gambar, kemudian digetarkan. Jika dalam 3 detik terjadi 9 kali gerakan
pegas dari A – B – C – B - A, berarti frekuensi getarannya ….
A.
3 Hz
B.
6 Hz
C.
9 Hz
D.
12 Hz
Kunci : A
Pembahasan :
Jumlah getaran : 9 x 1 getaran (1 getaran A-B-C-B-A)= 9
getaran
Waktu : 3 detik
Frekuensi : 9 getaran = 3 Hz
3 detik
Indikator SKL :
Menjelaskan sifat
bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan syarat terdengarnya bunyi
10.
Perhatikan gambar berikut!
Mula-mula bunyi bel dapat
terdengar. Setelah udara dalam
sungkup dihisap keluar, bunyi bel tidak terdengar. Peristiwa tersebut
membuktikan bahwa….
A.
bunyi hanya dapat merambat melalui udara
B.
bunyi dapat merambat tanpa udara
C.
bunyi tidak dapat
merambat melalui ruang hampa
D.
bunyi tidak dapat didengar dalam ruang tertutup
Kunci: C
Pembahasan:
Syarat terdengarnya bunyi:
1.
ada benda yang bergetar (sumber bunyi)
2.
frekuensi benda yang bergetar antara 20 sd
20.000 Hz
3.
ada zat perantara
4.
ada selaput tipis yang mudah bergetar
Indikator SKL :
Memahamikonsep-konsep dan penerapan,getaran, gelombang, bunyi, dan
optik dalamproduk teknologi sehari-hari.
Indikator soal :
Disajikan gambar bennda di
depan cermin cekung yang jarak fokus dan jarak bendanya diketahui, Siswa dapat
menentukan perbesaran dan sifat bayangan.
11. Benda
diletakkan di depan cermin yang jarak fokusnya 15cm seperti gambar.
Perbesaran bayangan dan sifatnya
adalah ....
A.
2 kali, maya terbalik
B.
2 kali nyata terbalik
C.
3 kali nyata terbalik
D.
3 kali maya tegak
Kunci : C
Pembahasan :
Perbesaran bayangan = jarak
bayangan : jarak benda.
Jarak bayangan siadalah
...
Sifat bayangan diperbesar, dan karena
jarak bayangannya bernilai positif, bayangannya nyata.Bayangan nyata pasti
terbalik.
Indikator SKL:
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari
Indikator soal :
Siswa dapat
menentukan induksi listrik terhadap elektroscop melaluigambar sebagai pilihan
jawaban.
12.
Gambar dibawah ini yang menunjukkan kedudukan
daun elektroskop yang diberi muatanlistrik
secara induksi adalah ........
- - - - - - - - - -
- - - - - - - - -
A. B. C. D.
- - + + + + - -
- - + + + + -
-
Kunci : A
Pembahasan :
Jika sebuah elektroskop
didekatkan dengan benda bermuatan, maka kepala elektroskop akan bermuatan
berbeda dengan muatan benda yang mendekatinya dan pada daun elektroskop akan
bermuatan yang sama dengan muatan benda yang mendekati serta membuka
Indikator SKL :
Menentukan besaran-besaran
listrik dinamis dalam suatu rangkaian
(seri / paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator soal :
Disajikan gambar rangkaian
beberapa penghamabatsecara paralel yang diketahui hambatannya masing-masing,
Siswa dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau pada salah satu cabang
jika ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan diketahui.
13. Perhatikan
rangkaian listrik berikut!
Jika GGL baterai 12V dan hambatan
dalam baterai 1Ω, beda tegangan pada ujung-ujung penghambat 2Ω adalah ....
A.
10V
B.
4,8V
C.
4V
D.
2V
Kunci : C
Pembahasan :
Hambatan pengganti rangkaian
paralel adalah :
Kuat arus pada titik cabang I1adalah
:
Beda tegangan pada ujung-ujung
penghambat 2Ω adalah :
V= I1 . 2Ω = 2A . 2Ω =
4V
Indikator SKL :
Menentukan besarnya energi atau
daya listrik dala kehidupan sehari-hari
Indikator soal :
Siswa dapat menghitung besar
energi listrik atau jumlah rekening listrik dalam satu bulan jika jumlah dan
jenis alat serta daya dan waktu pemakaiannya diketahui.
14.
Dalam sebuah rumah terdapat 4 lampu 20 watt, 2
lampu 60 watt dan sebuah TV 60 watt. Setiap hari dinyalakan rata-rata 4 jam. Jika
harga 1 Kwh Rp 150. Maka biaya yang harus dibayar selama 1 bulan ( 30 ) hari ….
A.
Rp. 4680
B.
Rp. 6500
C.
Rp. 7500
D.
Rp. 8400
Kunci : A
Pembahasan :
Jumlah energi yang
digunakan dalam 1 hari 4 x 20 w x 4 h =
320 wh
2 x 60 w x 4 h = 480 wh
60 w x 4 h = 240 wh
_______________________
1040 wh = 1,04 Kwh
Jumlah energi dalam 1 bulan =
1,04 Kwh x 30 = 31,2 Kwh
Biaya yang harus dibayar = 31,2 x
Rp. 150 = Rp. 4680
Indikator SKL :
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang
dihasilkan
Indikator soal :
Disajikan gambar pembuatan magnet
dengan cara menggosok siswa dapat menentukan kutub magnet
15. Perhatikan
gambar !
Setelah digosok berulang-ulang batang besi AB bersifat magnet bila .....
A.
A kutub magnet
selatan
B.
A dan
B magnetnya sama
C.
B kutub magnet utara
D.
A kutub
magnet utara
Kunci : C
Pembahasan :
Pada pembuatan magnet dengan cara
menggosok, kutub-kutub magnet yang terbentuk adalah bagian yang pertama kena
gosokan magnet memiliki kutub yang sama dengan kutub yang menggosoknya dengan
demikian A menjadi kutub selatan dan B menjadi kutub utara
Indikator SKL :
Menjelaskanperistiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
Indikator soal :
Siswa dapat
menentukan satu atau lebih faktor yang mempengaruhi ggl induksi
16. Perhatikan
gambar!
Jika magnet digerakkan keluar-masuk kumparan maka jarum volmeter bergerak
menyimpang kekiri-kekanan. Ini menunjukkan adanya ggl pada ujung-ujung kawat.
Perhatikan pernyataan berikut.
1. Jumlah lilitan 3. Gerak magnet
2. Penampang kawat 4. Gaya magnet
Faktor yang mempengaruhi
GGl pada ujung kawat adalah ....
A.
1,2,3
B.
2,3,4
C.
1,3,4
D.
1,2,4
Kunci :
C
Pembahasan :
Faktor-faktor yang mempengaruhi
GGL induksi adalah :
1.
Jumlah
lilitan, semakin banyak lilitannya maka GGL induksi semakin besar dan
sebaliknya semakin sedikit lilitannya maka GGL induksi semakin kecil
2.
Kecepatan
gerak magnet, semakin cepat gerak magnet
GGL semakin besar dan sebaliknya
3.
Kekuatan
gaya magnet, semakin kuat gaya magnet, GGL induksi semakin besar dan
sebaliknya
Indikator SKL:
Menjelaskanfenomena alamyang terjadi akibat perubahansuhu
atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari
Indikator soal:
Siswa dapat mememberikan contoh
fenomena alam yang disebabkan oleh revolusi bumi.
17.
Salah satu fenomena alam yang disebabkan oleh
perputaran bumi mengelilingi matahari adalah ....
A.
diameter bumi di katulistiwa lebih panjang
dibanding kutub
B.
gerak semu harian bendaa alangit dari timur ke
barat
C.
perubahan kelompok bintang yang tampak dari bumi
D.
perbedaan waktu di bumi
Kunci : C
Pembahasan :
Perputaran bumi mengelilingi
matahari disebut revolusi bumi.Ternyata poros bumi miring 23½0
terhadap garis tegak lurus bidang ekliptika bumi.Akibatnya jumlah sinar
matahari yang mengenai bagian utara dan selatan bumi selalu berubah.Akibatnya
suhu di kedua bagian bumi juga berbeda. Bumi tampak bergerak dari 23½0LU
ke arah 23½0LS. Akibat
revolusi bumi antara lain : perubahan musim, gerak semu tahunan matahari
dari 23½0LU ke arah 23½0LS dan sebaliknya, perbedaan
lamanya malam dengan siang dan perubahan kelompok bintang yang tampak di
langit.
Indikator SKL :
Mengidentifikasiatom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia
dalamkehidupan sehari-hari.
Indikator soal :
Siswa
dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok unsur, senyawa dan
campuran.
18.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering
menggunakan beberapa zat, yang tergolong
ke dalam unsur antara lain ... .
A.
Garam,
gula, air
B. Garam,
gula, karbon
C.
Karbon, oksigen, hidrogen
D.
Garam, gula, karbon, oksigen, hidrogen.
Kunci : c
Pembahasan :
Karbon, oksigen, hidrogen merupakan unsur
Garam, gula dan air merupakan
senyawa
Indikator SKL:
Menjelaskansifat-sifat
fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan
Indikator soal:
Disajikan
informasi tentang karakteristik suatu zat, siswa dapat menentukan sifat zat
tersebut (asam, basa ataukah garam)
19.
Suatu
larutan setelah diidentifikasi menghasilkan data sebagai berikut:
Rasanya pahit, dapat menghantarkan listrik, membirukan lakmus merah. Larutan
tersebut dapat diprediksikan sebagai larutan ... .
A.
asam
B.
basa
C.
netral
D.
garam
Kunci :
B
Pembahasan :
Ciri – ciri larutan basa adalah
v
rasa pahit
v
dapat menghantarkan listrik
v
mengubah lakmus merah menjadi biru
Indikator SKL :
Menjelaskanperubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
Indikator soal :
Disajikan
suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat menentukan kesimpulan dari percobaan tersebut
20.
Anto melakukan pengamatan terhadap sebuah logam
yang berkarat. Anto berusaha menyimpulkan dari peristiwa tersebut. Pernyataan
berikut yang sesuai adalah ....
A. Perkaratan atau korosi merupakan peristiwa rusaknya
logam maupun non logam oleh pengaruh
lingkungan
B. Perkaratan hanya dapat terjadi pada logam
besi saja
C. Terjadi perubahan suhu dan kerapatan
partikel pada proses korosi
D. Pada proses korosi terbentuk zat yang jenisnya
baru yaitu karat
Kunci : B
Pembahasan :
Korosi
merupakan perusakan lambat pada benda atau bahan oleh zat kimia dan secara
kimia, khususnya secara elektrokimia, bahan yang menyebabkan terjadinya korosi
pada berbagai benda disebut korosif. Korosi hanya terjadi pada logam besi.
21.
Indikator SKL :
Menjelaskan bahan kimia dan
dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Indikator soal :
Disajikan data zat aditif makanan
siswa dapat mengidentifikasi zat aditif pewarna sintetis pada makanan
Butir soal
Berikut adalah data mengenai komposisi pada
kemasan makanan:
Tepung terigu, tepung tapioka, minyak sayur, perisa ayam, rempah-rempah,
pemantap nabati, tartrazin Cl 19140, monosodium glutamate, asam folat,
garam gula, dan bubuk cabe.
Manakah zat pewarna sintetis yang terdapat pada kemasan makanan tersebut?
A.
monosodium
glutamate
B.
tartrazin cl 19140
C.
pemantap nabati
D.
asam folat
Kunci : B
Penjelasan :
Bahan pewarna sintesis antara
lain: tartrazin, kamoizin, eritrosin, biriberlian, yellow CFC), dampak negative
dari zat pewarna sintesis ini adalah alergi dan penyebab kanker
22.
Indikator SKL :
Menjelaskan zat
adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagitubuh manusia
Indikator soal :
Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri pengaruh zat
adiktif depresi
Butir soal :
Putaw, heroin, alkohol, diazepam, morfin termasuk contoh zat psikotropika
yang mempunyai jenis efek depresan, gejala yang tampak pada pemakainya adalah….
A.
berperilaku agresif
B.
berperilaku
hiperaktif
C.
berhalusinasi
D.
tidak sadarkan diri
Kunci : D
Penjelasan :
Efek negatif dari pemakaian zat psikotropika adalah pemakai akan mengalami kondisi tidak sadarkan
diri, pinsan,
23.
Indikator SKL :
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk
hidup
Indikator soal :
Disajikan gambar ciri mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri tersebut yang benar
Butir soal
Perhatikan gambar berikut.
Gambar tersebut menunjukan bahwa mahluk hidup mempunyai ciri ….
A.
memerlukan cahaya
matahari
B.
peka terhadap
rangsang
C.
memerlukan nutrisi
D.
tumbuh dan
berkembang
Kunci : C
Penjelasan :
Semua mahluk hidup memerlukan
makanan atau nutrisi untuk pertumbuhan, pada gambar B terlihat tanaman layu
akibat kekurangan air, air merupakan nutrisi bagi tumbuhan
24.
Indikator SKL :
Mengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan ciri-cirinya.
Indikator soal :
Disajikan beberapa gambar hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri
pengelompokan
pada hewan tinggi
Butir soal :
Perhatikan berikut
1 2 3 4
Kelompok hewan yang bernapas
dengan menggunakan paru-paru adalah ….
A.
1 dan 2
B.
2 dan 3
C.
3 dan 4
D.
4 dan 2
Kunci : C
Penjelasan :
Hewan pada gmbra nomor 3 dan 4 adalah mamalia, bernapas dengan
paru-paru, belalang bernapas dengan trakea dan ubur-ubur bernapas dengan rongga
antar sel
25.
Indikator SKL :
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Indikator soal :
Diberikan
contoh pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)
Butir soal :
Interaksi antara lebah yang mengambil nektar dari bunga,
sementara kehadiran lebah membantu proses polinasi bunga digolongkan pada
simbiosis....
A.
komensalisme
B.
parasitisme
C.
predator
D.
mutualisme
Kunci : D
Penjelasan :
Interaksi antara lebah dengan
bunga merupakan simbiosis mutualisme, dimana lebah dapat mendapat keuntungan karena dapat makanan, sementara
bunga mendapat keuntungan karena dapat mengalami penyeerbukan akibat serbuk
sari yang terbawa oleh kaki serangga
26.
Indikator SKL :
Menjelaskan usaha-usaha manusia
untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Indikator soal :
Siswa dapat mengidentifikasi
usaha manusia untuk mengatasi pencemaran
udara
Butir soal :
Perhatikan gambar berikut ini:
Akibat aktivitas pabrik dengan cerobong asap seperti pada gambar di atas
maka akan menimbulkan pencemaran udara di lingkungan sekitarnya. Usaha yang
dapat kita lakukan untuk mengurangi pencemaran udara itu adalah ...
A.
mengecilkan
cerobong asap pabrik
B.
melakukan uji emisi
gas buangan
C.
membuat intalasi pembuangan
asap
atau gas yang baik
D.
mengantikan bahan
bakar batu bara dengan gas
Kunci : C
Penjelasan :
Untuk mengurangi terjadinya
pencemaran akibat pembakaran tidak sempurna dari bahan bakar fosil, maka solusinya
adalah membuat instalasi pembuangan gas atau asap yang baik
27.
Indikator SKL :
Menjelaskan hubungan antara
kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil
pengamatan/ kasus.
Indikator soal :
Disajikan
grafik hubungan antara kepadatan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan,
siswa dapat menjelaskan hubungan tersebut
Butir soal :
Perhatikan
grafik berikut
Grafik yang menunjukan hubungan
antara kebutuhanan makanan dengan peningkatan populasi manusia disuatu daerah
adalah....
X: kepadatan populasi manusia
Y: kebutuhan makanan
Kunci : A
Penjelasan :
Semakin banyak
jumlah penduduk diikuti oleh semakin banyaknya jumlah makanan yang dikonsumsi,
28.
Indikator SKL :
Menjelaskan system peredaran
darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator Soal :
Siswa dapat menetukan contoh penyakit /kelainan sistem peredaran
darah
Butir soal :
Perhatikan kelainan penyakit berikut!
1.
Anemia
2.
Varises
3.
Leukemia
4.
Arteriosklerosis
5.
Haemofilia
Kelainan penyakit yang
berhubungan dengan sel darah adalah ….
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 3 dan 5
C.
2, 4, dan 5
D.
3, 4 dan 5
Kunci : B
Penjelasan :
Penyakit yang berhubungan
dengan system peredaran darah, ada yang menyerang sel darah dan ada yang
menyerang pembuluh darah. Yang menyerang sel darah antara lain anemia,
leukemia, haemofilia, lekopeni, thalasemia, sdb. Sementara yang berhubungan
dengan peredaran darah antara lain varises, aterosklerosis, arteriosklerosis,
jantung koroner, dsb.
29.
Indikator SKL:
Menjelaskan system pencernaan
dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
Indikator soal:
Disajikan gambar organ
pencernaan siswa dapat menentukan fungsi enzim dalam proses pencernaan makanan
Butir soal :
Perhatikan
gambar berikut
Enzim yang berfungsi mengubah
protein menjadi pepton dan asam
amino dihasilkan oleh organ yang
ditunjukkan nomor ....
A.
1 dan 2
B.
2 dan 3
C.
3 dan 4
D.
4 dan 2
Kunci : B
Penjelasan :
Protein dapat di uraikan atau
di ubah menjadi bentuk lain seperti pepton dan asam amino, dengan bantuan enzim. Enzim pepsin yang di hasilkan oleh
kelenjar lambung mengubah protein menjadi pepton, dan enzim tripsin yang di
hasilkan oleh pancreas mengubah protein menjadi asam amino.
30.
Indikator SKL:
Menjelaskan
system pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator Soal:
Diberikan data mekanisme pernapasan, siswa dapat
menentukan mekanisme pernapasan dada/perut
Butir soal :
Perhatikan data berikut.
1.
Rongga paru-paru
membesar
2.
Tekanan udara dalam
paru-paru besar
3.
Kontraksi otot
diafragma mendatar
4.
Udara dalam
paru-paru keluar
Fase ekspirasi pada pernapasan
perut di tunjukan oleh nomor ….
A.
1, 2 dan 3
B.
1, 2 dan 4
C.
2, 3 dan 4
D.
3, 4 dan 1
Kunci :
D
Penjelasan :
Mekanisme
pernapasan perut:
No
|
Inspirasi
|
Ekspirasi
|
1
|
Otot diafragma mendatar
|
Otot diafragma melengkung
|
2
|
Ronga dada membesar
|
Ronga dada mengecil
|
3
|
Paru-paru mengembang
|
Paru-paru mengempes
|
4
|
Tekanan udara dalam paru-paru kecil
|
Tekanan udara dalam paru-paru besar
|
5
|
Udara luar masuk ke paru-paru
|
Udara dalam paru-paru keluar
|
31.
Indikator SKL :
Menjelaskan sistem gerak pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator Soal :
Disajikan gambar tentang
kelainan pada susunan tulang belakang, siswa mampu menjelaskan penyebab
terjadinya kelainan tersebut.
Butir Soal :
Perhatikan gambar berikut!
Penyebab terjadinya kelainan seperti ditunjuk dengan gambar adalah...
A.
penyakit TBC dan
posisi duduk yang salah
B.
mengidap polio dan posisi duduk yang salah
C.
artritis dan
serangan bakteri
D.
posisi duduk dan
gizi yang salah
Kunci : B
Penjelasan :
Kelainan seperti ditunjuk oleh gambar adalah skoliosis.
Kelainan susunan tulang belakang seperti gambar dapat disebabkan karena
penderita pernah mengidap penyakit Polio atau dapat terjadi karena kebiasaan
posisi duduk yang salah.
32.
Indikator SKL:
Menjelaskan sistem
ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator Soal:
Siswa dapat menentukan hasil
dari salah satu tahapan proses pembentukan urine pada ginjal
Butir soal :
Hasil dari augmentasi pada
proses pembentukan urine pada nefron ginjal adalah....
A.
filtrat tubulus
B.
filtrat glomerulus
C.
urine sekunder
D.
urine sesungguhnya
Kunci : D
Penjelasan :
Pada proses pembentukan urine
di nefron ginjal terjadi 3 tahapan diantaranya:
Proses
|
Alat Yang Berperan
|
Hasil
|
Filtrasi
|
Badan malphigi (glomerulus dan kapsula bowman)
|
Filtrat glomerulus/urine primer
|
reabsorbsi
|
Tubulus kontortus proksimal
|
Filtrat tubulus/Urine sekunder
|
Augmentasi
|
Tubulus kontortus distal
|
Urine sesungguhnya
|
33.
Indikator SKL:
Menjelaskan sistem saraf/alat
indera pada manusia.
Indikator Soal:
Siswa dapat menentukan prosedur
jalannya rangsang yang disebabkan oleh jenis gerak tertentu
Butir soal :
Perjalanan impuls pada gerak
reflex saat kita bersin adalah ….
A. reseptor sel saraf motorik otak besar sel saraf sensorik otot
B. reseptor sel saraf sensorik otak kecil sel saraf motorik otot
C. reseptor sel saraf sensorik sumsum lanjutan sel saraf motorik otot
D. reseptor sel saraf motorik sumsum tulang belakang sel saraf sensorik otot
Kunci : C
Penjelasan :
Fungsi sumsum lanjutan sebagai
bagian dari pusat saraf diantaranya adalah: mengatur reflek fisiologis seperti
denyut jantung, penyempitan pembuluh darah, melakukan gerakan menelan , bersin,
batuk, bersendawa, dan muntah.
34.
Indikator SKL :
Menjelaskan struktur dan fungsi
jaringan/organ pada tumbuhan.
Indikator Soal :
Disajikan beberapa deskripsi
suatu jaringan pada tumbuhan, siswa
dapat menentukan jenis jaringan tertentu pada tumbuhan
Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Terdapat pada
bagian permukaan tubuh tumbuhan
2.
Berfungsi
melindunghi jaringan di bawahnya
3.
Mengandung
kloroplas dengan jumlah sedikit
4.
Tersusun atas satu
lapisan sel yang sama
5.
Menyimpan cadangan
makanan
Pernyataan yang menunjukkan
ciri dari jaringan epidermis pada tumbuhan adalah....
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 2, dan 4
C.
2, 3, dan 4
D.
3, 4, dan 5
Kunci : B
Penjelasan :
Epidermis merupakan sel-sel
yang terletak di bagian luar tanaman yang berfungsi melindungi tanaman dan
mencegah terhadap kehilangan air. Sel-sel epidermis tersusun atas satu lapis
sel. Stoma merupakan sel-sel epidermis yang mengalami modifikasi dan berfungsi
mengatur keluar masuknya gas ke tubuh tanaman
35.
Indikator SKL :
Menjelaskan respons tumbuhan
terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator Soal :
Disajikan beberapa
pernyataan/contoh tentang respon tumbuhan akibat lingkungan luar, siswa dapat
menentukan pernyataan yang sesuai/benar.
Butir soal :
Perhatikan contoh gerak pada
tumbuhan berikut ini!
1.
Pecahnya polong
biji kacang-kacangan yang sudah dewasa saat udara kering
2.
Tanaman putri malu
akan mekar bunganya saat disentuh
3.
Arah tumbuh ujung
kecambah menuju sumber cahaya
4.
Gerak membuka daun
tanaman bunga pukul empat menjelang petang.
Perubahan ini disebabkan karena
rangsangan suasana yang gelap.Pernyataan di atas yang sesuai ditunjuk oleh
nomor....
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
2 dan 4
Kunci : B
Penjelasan :
Pecahnya polong biji
kacang-kacangan yang sudah dewasa saat udara kering merupakan gerak higrokopisme;Tanaman
putri malu akan menutup daunnya saat disentuh; Arah tumbuh ujung kecambah
menuju sumber cahaya merupakan gerak
fototropisma; Gerak menutup daun tanaman bunga pukul empat menjelang petang.
36.
Indikator SKL :
Menjelaskan proses fotosintesis
melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut
Indikator Soal :
Siswa dapat menentukan bentuk reaksi kimiawi fotosintesis
dengan benar
Butir soal :
Reaksi kimia fotosintesis yang benar adalah...
A.
6CO2 +6
H2O à C6H12O6 +6 O2
B.
6CO2 +
6O2à 6C6H12O6 + 6H2O
C.
6C6H12O6+
6H2O à 6CO2+6 O2
D.
6CO2 + H2O
à 6C6H12O6 +6 O2
Kunci : A
Penjelasan :
Jawaban jelas. Untuk menentukan
kesetimbanga dalam reaksi kimia fotosintesis jumlah unsur yang terlibat sebelum
dan setelah reaksi harus sama.
37.
Indikator SKL :
Menjelaskan pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup.
Indikator Soal :
Siswa dapat memberikan contoh faktor eksternal/internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan
Butir Soal :
Faktor ekternal yang
mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan diantaranya
adalah...
A.
genetik dan hormon
B.
hormon dan nutrisi
C.
nutrisi dan kelembaban
D.
Suhu dan Genetik
Kunci : C
Penjelasan :
Faktor-faktor yang mempengaruhi
proses pertumbuhan dan perkembangan dapat dibedakan antara faktor dalam dan faktor luar. Faktor dalam: hormon dan
gen; sedangkan faktor luar: suhu, kelembaban, makanan, cahaya, air, tanah dan
lain-lain.
38.
Indikator SKL:
Memberi contoh adaptasi makhluk
hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup
Indikator Soal:
Siswa dapat menjelaskan tujuan
dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup tertentu.
Butir soal :
Tujuan dari paus secara periodik naik ke permukaan
adalah....
A.
mengambil udara
untuk bernafas
B.
mengejar ikan kecil
untuk dimangsa
C.
mengatur tekanan
udara dalam tubuh
D.
menjaga agar kadar
air tubuhnya stabil
Kunci : A
Penjelasan :
Untuk mempertahanklan
kelangsungan hidupnya paus melakukan adaptasi perilaku dengan cara naik ke
permukaan air laut secara periodik, hal ini dilakukan untuk mengambil udara
pernafasan. Paus bernafas dengan paru-paru. Paus termasuk mamalia.
39.
Indikator SKL:
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum
Mendel.
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan/data
persilangan monohibrid intermedier, siswa
dapat menentukan jumlah/persentase individu berfenotip tertentu pada F2 dari
hasil persilangan F1
Butir Soal :
Persilangan antara tanaman
bunga pukul empat warna merah dengan warna putih menghasilkan tanaman (F1)
berbunga merah jambu. Maka apabila F1 disilangkan dengan sesamanya dan
menghasilkan tanaman F2 sebanyak 32 tanaman, maka kemungkinan akan dihasilkan
tanaman berbunga merah sebanyak ....
A.
6
B.
8
C.
12
D.
16
Kunci : B
Penjelasan :
Jika genotip bunga pukul empat warna merah MM dan bunga
warna putih mm, maka persilangan kedua gen adalah sebagai berikut:
P1----------->
MM X mm
Merah
Putih
Gamet
M m
F1 Mm -------->
genotip
(merah jambu) -------->
fenotip
Karena F1
disilangkan dengan sesamanya maka:
P2-----------> Mm
X Mm
Gamet M, m M, m
F2:
M
|
m
|
|
M
|
MM
(merah)
|
Mm
(merah jambu)
|
m
|
Mm
(merah jambu)
|
Mm
(putih)
|
Maka persilangan tanaman F1
menghasilkan tanaman F2 dengan perbandingan fenotip = merah:merah jambu: putih adalah 1: 2: 1 ; atau
25%:50%:25%. Maka kemungkinan dihasilkan tanaman F2 berbunga merah adalah 25% X
32= 8 tanaman
40.
Indikator SKL :
Menjelaskan pemanfaatan
bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Indikator soal :
Siswa dapat menjelaskan manfaat
dari salah satu produk bioteknologi modern dalam bidang kesehatan
Butir soal :
Manfaat produk bioteknologi
dalam bidang kesehatan diantarnya adalah...
A.
ditemukannya vaksin
untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu
B.
antibodi monoclonal
yang dimanfaatkan untuk menjaga serangan bakteri dan jamur
C.
insulin
dimanfaatkan untuk menyerang dan membunuh sel tumor atau kanker
D.
antibiotik
mengontrol kadar gula darah bagi penderita kencing manis (diabetes mellitus)
Kunci : A
Penjelasan :
Vaksin salah satu produk
bioteknologi modern yang dimanfaatkan sabagai zat imunitas (kekebalan); Antibodi
monoklonal: Menyerang dan membunuh sel tumor atau kanker; Insulin: Mengontrol
kadar gula darah , mengobati penderita kencing manis (diabetes mellitus).
Antibiotik: menghambat pertumbuhan bakteri patogen.
.